MWBdNWBcNGt8NGR8LWx9LWRayTUfATofA7IowqV=

Peluang Bisnis Suplier Es Batu Dengan Mesin Es Kristal

Peluang usaha es kristal masih sangat menjanjikan, pastikan Anda mendapatkan me…

BLANTERLANDINGv101
460061185125874823

Peluang Bisnis Suplier Es Batu Dengan Mesin Es Kristal

Minuman/kudapan dingin yang dibuat dengan menambahkan es batu ke dalamnya diminati oleh banyak orang karena menyegarkan. Es teh manis, es jeruk, es cendol/dawet, es kelapa muda, es kolak, dan sebagainya, sangat cocok dinikmati terutama ketika cuaca sangat panas. Di negara tropis, seperti Indonesia, yang memiliki cuaca panas hampir sepanjang tahun, terutama di musim kemarau, minuman dingin (ditambah es batu) sangat populer.

Mesin Es Kristal, Peluang Usaha Es Kristal, Jenis Kapasitas Es Kristal

Memulai Usaha Supplier Es Menggunakan Mesin Es Kristal

Tak heran bila banyak dijumpai produsen es batu. Hingga kini peluang usaha pembuatan es batu bahkan masih terbuka lebar karena es batu juga dimanfaatkan untuk banyak hal. Nah, apa Anda tertarik untuk menjadi produsen es batu? Jika tertarik, Anda dapat mulai mengenal seluk-beluknya! Apa saja kegunaan es batu; bagaimana es batu dibuat; dan mesin khusus apa yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Yuk, lanjutkan baca artikel ini!  

Berbagai Kegunaan dan Manfaat Es Batu Kristal

Pemanfaatan es batu dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat banyak. Mulai dari jumlah kecil oleh orang per orang hingga dalam jumlah besar berskala industri. Berikut kegunaan es batu  untuk berbagai kepentingan.

1. Membuat minuman dan makanan dingin.

Baik untuk rumah tangga, warung makan, penjual minuman, kafe, restoran, hotel/guest house, dan sebagainya. 

2. Mendinginkan minuman kemasan.

3. Menjaga kesegaran bahan mentah.

Es batu banyak digunakan untuk menjaga kesegaran sayuran, ikan, dan buah-buahan agar tidak cepat busuk dan rusak.

4. Mengawetkan hasil tangkapan nelayan agar tetap segar. 

5. Mengompres orang demam, memar; dan banyak hal lainnya dalam dunia medis.

6. Bahan campuran dalam proses pembuatan makanan

Produk-produk makanan/minuman tertentu, seperti nugget dan sosis membutuhkan es batu sebagai bahan campuran.

Proses Pembuatan Es Batu Secara Umum

Es batu sebenarnya adalah air yang dibekukan. Seperti diketahui, air (H2O) akan menjadi dingin hingga akhirnya membeku pada suhu mulai 0 derajat Celsius (titik beku air) atau lebih rendah lagi. Pembekuan air dapat terjadi secara alami atau dibuat dengan bantuan teknologi.  

Secara alami, air di ruang terbuka akan menjadi dingin dan akhirnya membeku dengan sendirinya jika temperatur udara mencapai titik beku atau jauh lebih rendah dari titik beku. Lalu, bagaimana es batu buatan dihasilkan?

Untuk menghasilkan es batu digunakan teknologi yang mampu membekukan air yang dikenal sebagai freezer. Untuk membuat es batu dalam jumlah sedikit, seperti kebutuhan rumah tangga, dapat digunaakn pembeku (freezer) yang dibuat menjadi satu kesatuan dalam lemari pendingin (kulkas). Kita hanya perlu membungkus air matang dalam plastik atau memasukkannya ke wadah khusus kemudian meletakkannya ke dalam freezer. Dengan suhu hingga minus 28 derajat Celsius freezer akan segera membekukan air menjadi es batu.

Namun, kebutuhan es batu yang relatif besar untuk pelaku usaha, seperti warung, kafe, restoran, dan berbagai usaha kuliner lain, rumah sakit, dll. tidak dapat dipenuhi hanya dengan kulkas rumah tangga. Kebutuhan esa batu dalam jumlah besar biasanya dipenuhi oleh pemasok es batu, baik berupa es balok maupun es kristal. Es balok dan es kristal, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga dimanfaatkan sesuai kebutuhan. 

Sebenarnya, es balok yang berukuran besar dan berat—seperti balok beton—lebih tepat digunakan untuk keperluan seperti menjaga kesegaran ikan tangkapan nelayan. Sementara itu, es batu kristal yang berbentuk potongan-potongan kecil seperti kubus atau tabung dengan lubang di tengahnya, dapat digunakan untuk mendinginkan bahan makanan dan terutama untuk dicampur dalam minuman/kudapan. 

Pelaku usaha kuliner dan banyak konsumen belakangan cenderung memilih es batu kristal. Selain bentuk dan ukurannya lebih praktis untuk digunakan, es kristal juga dianggap lebih higienis untuk dikonsumsi. Es batu kristal bentuk tabung memiliki panjang 5-10 cm dengan diameter 20-40 mm dan diameter lubang tengah 5-10 mm. Atau bisa juga dengan variasi lain.

Mengenal Apa itu Mesin Es Kristal?

Mesin Es Kristal, Peluang Usaha Es Kristal, Jenis Kapasitas Es Kristal

Untuk memproduksi es batu kristal dalam jumlah besar yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dibutuhkan sebuah mesin khusus. Ketahuilah, pembuat es batu kristal tersebut dikenal sebagai mesin es kristal (ice tube machine). 

Secara umum, prinsip pembuatan es dengan mesin ini adalah dengan mengalirkan air ke dalam lubang-lubang pipa secara terus-menerus. Es lubang tengah akan terbentuk oleh proses pendinginan (kondensasi) yang terjadi di dalam pipa.    

Setiap mesin mampu bekerja tanpa henti selama 24 jam untuk memproduksi es batu kristal dengan jumlah tertentu sesuai kapasitasnya. Di pasaran ada jenis mesin berskala kecil yang hanya menghasilkan 50 kg es kristal per hari. Namun, kami memproduksi mesin berskala besar dengan kemampuan produksi relatif besar.

Jenis-jenis Kapasitas Mesin Es Batu Kristal

1. Mesin Es Kristal Kapasitas 500 Kg Per Hari.

Mesin ini mampu menghasilkan es batu kristal sebanyak 500 kg dalam tempo 24 jam.

2. Mesin  Es Kristal Kapasitas 1 Ton Per Hari.

Mesin ini mampu memproduksi es batu kristal sebanyak 1 ton (1.000 kg) dalam tempo 24 jam.

3. Mesin Es Kristal Kapasitas 2 Ton Per Hari.

Mesin ini dapat menghasilkan es batu kristal sebanyak 2 ton (2.000 kg) dalam tempo 24 jam.

Mesin pembuat es kristal memiliki bentuk seperti tabung. Keseluruhan instalasi berbentuk persegi dan ukurannya tidak terlalu besar (1.300 × 1.000 × 900 mm s/d 1.650 × 1.100 × 2.450 mm) sehingga tidak banyak memakan tempat. Sementara itu, daya listrik yang dibutuhkan berkisar antara 900-2.020 Watt dengan voltage 220/380 Volt.      

Peluang Usaha Suplier Es Kristal

Anda tentu sudah menyadari betapa besar kebutuhan es batu kristal dalam kehidupan sehari-hari; dan kebutuhan tersebut akan terus meningkat. Terlebih dengan semakin berkembangnya minat masyarakat dalam bisnis kuliner, baik dalam format rumahan maupun kafe, restoran, hotel/guest house, dll.. Termasuk untuk memenuhi berbagai kebutuhan di luar kuliner. Meskipun pada musim hujan konsumsinya relatif menurun, tetapi suplai tetap berjalan. 

Dengan kata lain, ada peluang yang relatif besar untuk memulai usaha pembuatan es batu kristal. Usaha ini boleh dibilang tidak terlalu sulit, tetapi menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Apalagi jika Anda memiliki pembuat es seperti mesin es kristal Surabaya.

Ketahuilah, untuk memulai bisnis pembuatan es batu kristal dengan mesin khusus ini, Anda perlu menyediakan tempat yang memadai; sumber listrik dengan daya yang mencukupi; dan sumber air yang bersih dan higienis. Pemasok mesin biasanya akan menginstal mesin sekaligus menyiapkan ruang penyimpanan es batu (cold storage room). 

Anda tidak memerlukan terlalu banyak karyawan karena akan terbantu dengan teknologi mesin yang relatif tinggi. Pembuatan es batu mudah dan praktis. Selama 24 jam proses produksi, es batu yang dihasilkan dapat disimpan di dalam cold storage room. Selanjutnya dapat dikemas dalam kantong plastik yang sesuai lalu dikirimkan kepada planggan. 

Nah! Apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan peluang menjadi suplier es batu kristal? Untuk mengetahui lebih banyak tentang seluk-beluk setiap jenis ice tube machine, silakan berkonsultasi secara langsung dengan kami di Pabrik Mesin Es Batu.


BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang